Rabu, 20 Februari 2013

Tinggalkan pekerjaan demi bisnis kuliner


Tinggalkan Pekerjaan demi Bisnis Kuliner
Watermark image
Dibaca : 76 kali      Komentar: 0

Bisa dibilang, awal membangun bisnis kuliner Lele Crispy terinspirasi dari kejadian yang tak disengaja. Yaitu ketika Fajar Alam Setiabudi (30) memarkirkan kendaraannya di depan sebuah warung makan lele yang kala itu ramai dengan pembeli.
"Tapi pas saya coba, kok rasanya begini-gini aja, enggak enak tapi kok ramai ya. Saya berpikir, kalau bisa diolah dengan baik, ikan lele pasti enak. Dari situ akhirnya saya putuskan untuk membuka usaha," ujarnya.
Namun tak serta merta keesokan harinya Fajar mendirikan warung makannya itu. Selama waktu satu bulan, Fajar mencoba berbagai resep untuk bisa menghasilkan lele nikmat dan dahsyat saat dicoba. "Saya coba-coba mulai dari lelenya mau diapakan, bentuk penyajiannya bagaimana, sampai pada sambalnya. Sepuluh kali saya ganti-ganti sambal karena takarannya yang menurut saya kurang pas," ujarnya.
Dari gemar memasak saat masih duduk di bangku sekolah dasar, menempuh pendidikan Pariwisata di Universitas Trisakti, Jakarta Selatan, dan bekerja di majalah masak-memasak, cukup menjadi modal Fajar berbisnis kuliner. "Saya pernah jadi karyawan di sebuah perusahaan swasta, tapi saya berpikir, kenapa tidak buka usaha kuliner sendiri saja toh saya juga suka masak," kata Fajar.
Meski bisa dibilang membangun bisnis kuliner Lele Crispy adalah rencananya yang tak disengaja, namun keinginan membuka usaha sudah ada sejak kecil. "Dari sejak suka masak itulah saya punya cita-cita mau punya usaha kuliner sendiri. Ya akhirnya terwujud juga sekarang," tuturnya.
Dalam berbisnis tentu kendala senantiasa muncul. Namun kendala itu tak sampai membuat Fajar patah arang. Saat berencana memutuskan membuka usaha pada pertengahan 2009, Fajar sempat mendapat masukan dari keluarga untuk tak mengambil keputusan terburu-buru dengan keluar dari pekerjaannya sebagai dapur uji di Majalah Sedap.
"Tapi karena keinginan, niat, dan usaha yang kuat, saya bisa membangun usaha ini sampai akhirnya bisa seperti sekarang. Istri sangat mendukung, malah dia berhenti bekerja untuk membantu saya di warung," kisahnya.
Soal persaingan, Fajar tak takut meski banyak sekali warung makan bahkan warung-warung tenda yang menjual lele sebagai menu utama. Gurih, murah, dan pelayanan yang menarik dijadikan Fajar sebagai senjata untuk mempertahankan dan menarik minat para konsumen terhadap bisnis yang digelutinya.
Minat untuk membuka cabang atau menggunakan sistem waralaba kini sudah ada dalam pemikirannya. Hanya saja, untuk melaksanakannya, Fajar harus berpikir ulang agar semuanya tetap terkendali dan tidak sampai menelantarkan apa yang sudah dibangunnya sejak tiga tahun terakhir.
"Harus pikirkan SDM-nya juga kalau mau buka cabang. Selama ini kan saya juga menjalaninya sendiri, saya yang olah bahan-bahannya sendiri, dan juga masih masak kalau warung memang lagi ramai. Mungkin tahun depan akan ada rencana jadinya seperti apa," tuturnya. (vin)

1 komentar:

  1. Lipat gandakan uang kalian bersama kami
    Hanya dengan modal 20 ribu bisa jadi jutawan !!
    Menghadirkan bermain game kartu online
    Ayo Gabung bersama kami di DOMINOPELANGI (.)net
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Kami hadirkan permainan Terbaik dari DOMINO206 permainan
    dalam website
    Pusat Game Domino ONline Terpercaya Se-Asia
    Hanya cukup menggunakan 1ID saja anda sudah bisa menikmati 8 game Populer

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Tunggu apa lagi silahkan Registrasi diri anda bersama kami.
    Dan nikmati kembali BONUS REFFERAL terbesar 15% untuk anda.
    Untuk lebih informasi lebih lanjut kalian bisa langsung berdikskusi
    langsung dengan CS handal.

    MInimal Deposit 20rb
    Minimal Witdraw 20rb

    BBM : 2BE3D683 / E3EE3B63
    WA : (+85587480626)
    LINE : DOMINO206
    IG : domino_206


    Link Alternatif
    WWW .DOMINOPELANGI. NET
    WWW .DOMINOPELANGI. COM
    WWW .PELANGIDOMINO. NET

    Bank Online 24 jam (kecuali gangguan)
    - BNI
    - BCA
    - BRI
    - MANDIRI
    - DANAMON

    Salam Kemenangan ^_^

    BalasHapus